A28_Septiawan Adi Saputra_Tugas Mandiri 1
A. Pilihan Ganda
- Bahasa Indonesia berfungsi sebagai alat konseptualisasi gagasan. Hal ini menunjukkan peran bahasa sebagai...a. Alat komunikasi sehari-harib. Alat pikir dan ekspresi intelektualc. Simbol identitas daerahd. Sarana hiburan semata
- Dalam konteks dunia akademik, salah satu tantangan utama penggunaan Bahasa Indonesia adalah...a. Kurangnya penutur aslib. Dominasi bahasa asing dan kurangnya padanan istilah ilmiahc. Tidak adanya jurnal ilmiah nasionald. Kaidah tata bahasa yang terlalu rumit
- Teks ilmiah berfungsi sebagai jembatan ilmu karena...a. Ditulis dengan bahasa yang puitisb. Menghubungkan pengetahuan penulis dengan pemahaman pembacac. Selalu diterbitkan dalam dua bahasad. Hanya bisa diakses oleh akademisi tertentu
- Salah satu syarat penulisan karya ilmiah yang baik adalah...a. Menggunakan bahasa gaul yang kekinianb. Kepatuhan terhadap kaidah EYD dan PUEBIc. Panjang tulisan yang tidak terbatasd. Hanya menggunakan istilah asing
- Upaya internasionalisasi Bahasa Indonesia dapat dilakukan melalui cara berikut, KECUALI...a. Publikasi jurnal berbahasa Indonesia yang terindeks globalb. Kolaborasi riset dengan abstrak bilingualc. Mengganti bahasa pengantar di semua sekolah dengan bahasa Inggrisd. Program pengajaran BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing)
- Dasar hukum kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara ditetapkan dalam...a. Sumpah Pemuda 1928b. Undang-Undang Dasar 1945c. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaand. Keputusan Presiden pertama
- Fungsi bahasa Indonesia yang menyatukan keragaman budaya dan etnis di Indonesia dikenal sebagai fungsi...a. Komunikatifb. Edukatifc. Identitas Nasionald. Ilmiah
- Lembaga pemerintah yang bertugas mengembangkan dan membina Bahasa Indonesia adalah...a. LIPIb. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa)c. Kementerian Luar Negerid. UNESCO
- Salah satu strategi untuk memartabatkan Bahasa Indonesia di ranah ilmu pengetahuan adalah...a. Pengembangan istilah baru yang sesuai kaidahb. Menghindari penggunaan bahasa Indonesia dalam diskusi ilmiahc. Menerjemahkan semua jurnal internasional ke bahasa daerahd. Hanya menggunakan bahasa Indonesia untuk sastra
- Menurut modul, bahasa Indonesia berkembang menjadi bahasa ilmu, hukum, pendidikan, dan teknologi. Hal ini menunjukkan...a. Bahasa Indonesia kaku dan tidak berkembangb. Kedudukan bahasa Indonesia yang dinamis dan multifungsic. Bahasa Indonesia hanya untuk kepentingan formald. Fungsi bahasa Indonesia semakin menyempit
B. Isian Singkat
- Bahasa bukan sekadar alat komunikasi,
tetapi juga medium berpikir dan mengekspresikan gagasan.
- Dalam Sumpah Pemuda 1928, Bahasa
Indonesia diikrarkan sebagai bahasa persatuan.
- Salah satu fungsi bahasa Indonesia
adalah sebagai bahasa ilmu pengetahuan untuk menyusun dan
menyebarluaskan gagasan akademik.
- Program
yang dirancang untuk mengajarkan Bahasa Indonesia kepada penutur asing
disebut BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing).
- Penulisan karya ilmiah menuntut
ketepatan bahasa dan kejelasan struktur kalimat.
- Membaca kritis meliputi analisis struktur,
pemahaman makna, dan evaluasi argumentasi dalam sebuah teks ilmiah.
- Kedudukan bahasa Indonesia sebagai
bahasa negara berarti digunakan dalam administrasi,
pendidikan, dan hukum.
- Pengembangan kosakata ilmiah diperlukan untuk mengatasi tantangan
kurangnya padanan istilah dalam bahasa Indonesia.
- Upaya memartabatkan bahasa Indonesia dapat dilakukan melalui penelitian, publikasi ilmiah, dan peningkatan literasi akademik.
- Salah satu buku rujukan utama untuk tata bahasa baku Indonesia adalah buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia yang disusun oleh Anton M. Moeliono.
C. Soal Esai
1. Jelaskan mengapa bahasa Indonesia disebut sebagai "wahana intelektual dan ilmiah" dan berikan minimal dua contoh konkret perwujudannya dalam dunia akademik!
Bahasa Indonesia
disebut sebagai wahana intelektual dan ilmiah karena berfungsi sebagai
sarana berpikir, menulis, dan menyampaikan gagasan ilmiah secara sistematis.
Melalui bahasa Indonesia, masyarakat akademik dapat mengembangkan pengetahuan
dan menyalurkannya kepada publik secara luas. Bahasa ini menjadi media utama
dalam menumbuhkan daya nalar dan logika berpikir ilmiah.
Contoh perwujudannya antara lain:
· Penulisan skripsi, tesis, dan disertasi menggunakan bahasa Indonesia baku dan ilmiah.
· Publikasi
jurnal ilmiah nasional yang menggunakan bahasa Indonesia untuk
menyebarkan hasil penelitian kepada masyarakat luas.
2. Analisislah hubungan antara "bahasa" dan "pembangunan ilmu pengetahuan" di Indonesia! Mengapa penguatan peran bahasa Indonesia dianggap crucial (sangat penting) dalam konteks ini?
Bahasa memiliki hubungan yang erat dengan
pembangunan ilmu pengetahuan karena menjadi sarana utama dalam berpikir,
memahami, dan mengomunikasikan ide atau hasil penelitian. Tanpa bahasa yang
kuat dan baku, pengembangan ilmu akan terhambat karena kesulitan dalam
mentransfer pengetahuan. Oleh karena itu, penguatan bahasa Indonesia sangat
penting agar ilmu pengetahuan di Indonesia dapat berkembang secara mandiri,
tidak selalu bergantung pada bahasa asing. Dengan memperkuat penggunaan bahasa
Indonesia di ranah akademik, identitas nasional pun akan semakin kokoh dan
relevansi ilmu dengan konteks sosial budaya Indonesia semakin meningkat.
3. 3. Berdasarkan modul, terdapat sejumlah tantangan dalam memartabatkan bahasa
Indonesia sebagai bahasa ilmu. Identifikasi dua tantangan utama tersebut dan
proposalkan satu solusi strategis untuk mengatasi masing-masing tantangan!
Tantangan pertama
adalah dominasinya bahasa asing, terutama bahasa Inggris, dalam
publikasi ilmiah yang membuat bahasa Indonesia kurang diminati di ranah
akademik. Tantangan kedua adalah kurangnya padanan istilah ilmiah yang
baku dalam bahasa Indonesia, sehingga banyak akademisi lebih memilih
menggunakan istilah asing.
Solusi strategisnya antara lain:
- Untuk
menghadapi dominasi bahasa asing, perlu peningkatan kualitas dan jumlah
jurnal nasional berbahasa Indonesia yang terakreditasi internasional.
- Untuk mengatasi kekurangan istilah
ilmiah, perlu dilakukan pengembangan kosakata dan kamus istilah ilmiah
secara berkelanjutan oleh lembaga bahasa dan akademisi.
4. 4. Jelaskan perbedaan mendasar antara
kedudukan bahasa Indonesia sebagai "bahasa nasional" dan sebagai
"bahasa negara"! Berikan satu contoh penggunaan untuk masing-masing kedudukan tersebut.
Kedudukan bahasa
Indonesia sebagai bahasa nasional berarti bahasa ini berfungsi sebagai
alat pemersatu bangsa di tengah keberagaman suku dan budaya di Indonesia.
Bahasa nasional digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mempererat
komunikasi antardaerah. Sedangkan sebagai bahasa negara, bahasa
Indonesia berperan resmi dalam bidang pemerintahan, pendidikan, hukum, serta
administrasi kenegaraan.
Contohnya, sebagai bahasa nasional digunakan dalam interaksi sosial
antarsuku, sedangkan sebagai bahasa negara digunakan dalam dokumen resmi
pemerintahan dan undang-undang.
5. 5. Menurut Anda, bagaimana peran generasi
muda (mahasiswa) dalam upaya internasionalisasi bahasa Indonesia? Sebutkan
minimal dua aksi nyata yang dapat dilakukan.
Generasi muda,
terutama mahasiswa, memiliki peran penting sebagai agen penyebar bahasa
Indonesia di kancah global. Mereka menjadi motor penggerak dalam memperkenalkan
bahasa Indonesia kepada dunia melalui karya dan aktivitas akademik. Upaya
ini dapat dilakukan dengan beberapa aksi nyata seperti:
- Menulis karya ilmiah, artikel,
atau jurnal berbahasa Indonesia yang bermutu dan dipublikasikan secara
luas.
- Berpartisipasi dalam program BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) atau kegiatan pertukaran pelajar internasional yang memperkenalkan bahasa Indonesia kepada masyarakat dunia.
Comments
Post a Comment